Sendi, Rol, dan Jepit Maksudnya????

Sebenarnya bahasan ini merupakan bahasan yang sederhana dan permulaan harus diketahui oleh seorang teknik sipil. Kebanyakan mahasiswa sekarang hanya disodori oleh semacam dogmatis oleh dosen-dosennya. Sehingga hal yang seremeh inipun mahasiswa tidak dapat menjelaskan dengan betul. Sehingga kalau sekarang mahasiswa ditanya apa itu sendi, rol, dan jepit jawabannya pasti yang bulat-bulat itu loh pak … dan pasti menjelaskan bahwa sendi menahan reaksi horisontal dan vertikal, rol cuma menahan vertikal, dan jepit ada momennyalah pak… tapi bagaimana dengan keadaan di lapangan tidak semua perletakan itu bentuknya bulat-bulatkan ?!!…

Lantas bagaimana membedakannya di lapangan, mana yang jepit, mana yang sendi dan mana yang rol??? Oke mari kita mulai …

Dalam perkuliahan analisa struktur sebenarnya sudah sangat menjelaskan mengenai hal ini… walaupun secara tersirat tetapi hal tersebut berarti besar dalam menjelaskan hal ini… Baik saya kasih contoh jika ada suatu struktur statis tak tentu dengan beban berikut :

Maka analisa struktur mensyaratkan sebagai berikut :

Nah, hal inilah yang menurut saya menjadi point penting dalam memodelkan struktur di lapangan. Maka kalau dapat disimpulkan suatu struktur itu berperilaku sebagai sendi, rol, maupun jepit itu dilihat dari kondisi syarat batasnya. Sehingga sekarang kita tidak perlu mengatakan sendi hanya seperti berikut ini :

Tetapi, jika perilaku struktur itu bersesuaian dengan kondisi syarat batasnya seperti dalam table diatas maka harus dikategorikan menjadi hal tersebut walaupun dalam kondisi aslinya struktur tersebut monolit (terjepit).

Kesimpulan :

Sendi dapat diartikan struktur yang tidak mengalami defleksi arah vertical dan horizontal dan hanya mengalami rotasi pada tumpuannya.

Rol dapat diartikan struktur yang tidak mengalami defleksi vertical dan memiliki rotasi serta defleksi horizontal.

Jepit dapat diartikan struktur yang tidak mengalami rotasi, serta defleksi dalam arah vertical dan horizontal.

Sehingga, dalam memodelkan struktur lapangan harus diperiksa dulu apakah struktur mengalami defleksi dan rotasi baru seorang perencana dapat menentukan dengan model yang sesuai.

About these ads

One thought on “Sendi, Rol, dan Jepit Maksudnya????

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s